El-Afqar Corp. Powered by Blogger.

Saturday, November 29, 2014

Serba guna dalam Kelapa

Serba guna dalam Kelapa


Tentang Kelapa
Merupakan jenis satu-satunya dalam marga cocoa, dan merupakan kerabat dekat dari suku aren, layaknya saudara sepupunya yaitu aren. Pohon kelapa cukup besar bila dibandingkan dengan dengan saudara saudaranya dari suku aren-arenan, dan bisa hidup cukup lama berpuluhan tahun. Umumnya tumbuhan aren-arenan pohon kelapa hanya memiliki batang tunggal dengan akar serabut dan berdaun menyirip.

Diperkirakan tanaman ini berasal dari pesisir Hindia, termasuk Indonesia yang merupakan Negara pesisir di kawasan samudera Hindia, namun saat ini, tumbuhan ini sudah menyebar di berbagai belahan dunia dan pesisirnya. Meski kebanyakan tumbuh di daerah pantai, kelapa juga bisa tumbuh pada kisaran curah hujan 1300-2300 mm dengan ketinggian 600 m di atas permukaan laut.

Manfaat Kelapa.
Tanaman ini dikenal sebagai tanaman serba guna, Secara Umum dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

1.Batang
pada umumnya batang kelapa berguna sebagai atap bangunan di daerah pesisir, selain juga untuk bahan mebel, perbaotan rumah, dan bahkan kayu bakar.

2.Akar
berfungsi sebagai bahan pembuatan bir dan pewarna

3.Daun :
  • a.Daun Kelapa yang masih muda (kuning atau hijau muda) atau disebut juga dengan Janur, dapat digunakan sebagai hiasan terutama dalam beberapa acara adat seperti pernikahan, upacara dan lain-lain dengan cara di anyam atau juga digunakan sebagai pembungkus ketupat lontong. 
  • b.Sedangkan daun yang sudah tua (hijau tua)  biasanya juga digunakan sebagai atap rumah pengganti genteng di masyarakat pesisir traisional, biasanya daun kelapa di anyam untuk kemudian digunaan sebagai atap bangunan.
  • c.Dan daun yang sudah kering (kecoklatan) biasanya akan digunakan sebagai kayu bakar.


4.Bunga : Seperti saudaranya, Pohon Arena atau Pohon Siwalan, Bunga Kelapa juga dapat menghasilkan caian dengan rasa manis yang dapat digunakan sebagai dasar pembuatan Gula, atau bisa juga difermentasi sebagai Tuak (Legen: menurut masyarakat jawa).

5.Buah : siapa yang tak kenal buah kelapa ? Buah yang menyimpan cairan segar di dalamnya sangat disukai oleh setiap orang. Untuk Informasi lebih lanjut mengenai khasiat dan manfaat buah kelapa bisa dilihat di artikel berikutnya, namun secara umum hampir semua bagian buahnya dapat digunakan oleh manusia seperti misalnya sabut dari kulit buahnya dapat digunakan sebgai perabotan dan pernak pernik, seperti keset, tas dan lain sebagainya. Sedangkan batoknya merupakan salah satu pengahsil arang terbaik  dan tahan lama dibanding dengan arang dari kayu lainnya. Jika batok dan kulitnya saja sudah begitu beranfaat, lalu bagaimana dengan buahnya ?? kunjungi artikel berikutnya.



Semoga artikel Serba guna dalam Kelapa bermanfaat bagi Anda. Jika kamu suka dengan artikel Serba guna dalam Kelapa ini, like dan bagikan ketemanmu.

Post a Comment

Cantik & Sehat Dengan Herbal Alami - All Right Reserved.Powered By Blogger
Template SEO Fendly by JimsonTemplate Edit by : Tutorial Blogspot