El-Afqar Corp. Powered by Blogger.

Sunday, May 10, 2015

Kenali gejala awal kanker paru

Kenali gejala awal kanker paru

Taukah anda bahwa kaum pria lebih beresiko mengidap kanker paru? Hal tersebut dikarenakan pada umumnya perokok adalah kaum pria, yang mana merokok adalah penyebab utama saat ini pada penderita kanker paru. Mereka memiliki resiko 4 kali lebih besar dibandingkan dengan orang yang tidak merokok.

Namun, ternyata bukan hanya perokok yang dapat mengidap kanker paru, banyak faktor lain selain rokok yang dapat menyebabkan kanker paru, seperti misalnya asap dapur juga demikian. Hal tersebut dikarenakan asap-asap tersebut dapat merusak bronkus yang merupakan sarang kanker paru.

Kanker paru adalah kanker dengan resiko kematian yang tinggi dan terus meningkat setiap tahunnya, kanker ini menyerang organ vital kita di area paru sebagai alat pernafasan utama, jika paru sudah terserang secara parah, memasuki stadium akhir dan akhirnya tak mampu bekerja optimal, tentunya resiko kematian sangat tinggi

Lalu bagaimana caranya agar kita dapat mengantisipasinya, mengetahui gejala kanker paru secara dini, agar setidaknya kita punya kesempatan sembuh yang lebih besar dibandingkan dengan orang yang sudah memasuki stadium kanker yang lebih kronis?

Rupanya hal ini juga merupakan salah satu faktor penyebab meningkatnya angka kematian akibat kanker, karena minimnya pengetahuan tentang gejala awal kanker paru sehingga membuat kita tidak dapat mengantisipasinya lebih awal. Sampai saat ini belum diketahui secara pasti gejala awal kanker paru, namun pada umumnya, gejalanya ditandai batuk pada penderitanya.

Namun yang jadi masalah, kita juga belum dapat memastikan kriteria batuk yang menjadi tanda awal kanker paru, bisa jadi batuk kering atau berdahak, berdarah atau tidak, serta waktu batuk yang belum pasti diketahui.

Yang perlu diperhatikan adalah bahwa pada umumnya penderita kanker stadium awal mengalami gejala seperti berikut :

1. Batuk
Batuk adalah gejala umum pada penderita kanker, hampir semua orang pernah menderita batuk, baik batik ringan, sedang ataupjn berat. Tidak ada tanda khusus bagi penderita kanker batuk yabg seperti apa yang menjadi gejala, namun jika batuk terasa berat, susah sembuh dengan istirahat dan obat ringan, dan terlebih disertai dahak berdarah anda patut waspada, segera konsultasikan ke dokter.

2. Nyeri di area dada
Nyeri ini diakibatkan kista atau tumor yang tumbuh dan mendesak organ disekitarnya, semakin besar tumornya maka akan lebih sakit nyeri yang diderita, dan akan menyebabkan organ disekitarnya juga terasa nyeri karena terinfeksi.

3. Sesak nafas
Sesak yang diakibatkan tekanan tumor yang tumbuh dan menyebabkan desakan di area paru, sesak nafas kanrena kanker akan dapat dirasakan perbedaannya oleh si penderitanua dibanding sesak nafas biasa, biasanya penderitanya akan cepat sesak nafas meski aktifitasnya tidak berat.

4. edema
Timbulnya edema pada leher atau wajah swsuai dengan beaar pertumbuhan tumor yanb menghimpit pembuluh darah sehingga sirkulasi darah terganggu.

Hal hak tersebut adalah gejala umum pada penderita kanker paru. Jika anda merasa mengalami tanda-tanda tersebut hendaknya segera periksa diri anda ke dokter. Semoga bermanfaat.




Semoga artikel Kenali gejala awal kanker paru bermanfaat bagi Anda. Jika kamu suka dengan artikel Kenali gejala awal kanker paru ini, like dan bagikan ketemanmu.

Post a Comment

Cantik & Sehat Dengan Herbal Alami - All Right Reserved.Powered By Blogger
Template SEO Fendly by JimsonTemplate Edit by : Tutorial Blogspot